Sinergitas Tim Yankes Klinik Pratama Polres Sumbawa RSUD RSMA Lakukan Percepatan Vaksin Covid-19

Sumbawa Besar – NTB, Sinergitas Tim Yankes Klinik Pratama Polres Sumbawa bersama dengan TNI dari Kodim 1607, Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Sumbawa dan Rumah Sakit Manambai Abdulkadir atau RSMA dalam hal ini melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 menuju terbentuknya herd immunity.

Demikian disampaikan oleh Kapolres Sumbawa, AKBP Esty Setyo Nugroho S.IK., diwawancara diselah kegiatannya memantau vaksinasi pelajar di SMPN 2 Sumbawa bersama Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, Rabu (15/09/2021) siang.

Read More

Kapolres menjelaskan, target vaksinasi harian Kabupaten Sumbawa sebanyak 3.768. Untuk mencapai target tesebut kata Kapolres, yakni memaksimalkan pelayanan di seluruh fasilitas kesehatan yang ada, termasuk di klinik pratama Polres Sumbawa, vaksinasi tempat ibadah, serta sekolah untuk siswa, bahkan hingga di Desa-desa.

“Untuk skemanya, bukan hanya dilaksanakan di puskesmas tetapi juga dilaksanaan di desa-desa, atau rayonisasi dengan target sasaran yang sudah ditentukan sesuai dengan jumlah penduduk masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa,” terangnya.

Lanjut Kapolres, pihaknya bersama dengan TNI dan pemerintah dalam hal ini tim vaksin dari RSUD Sumbawa dan Vaksinator dari RSMA serta puskesmas terus menggenjot percepatan vaksinasi hingga mencapai target 70 persen dari wajib vaksin yang ada.

“Kalau keinginan kami baik forkopimda dan Bupati sesegera mungkin. Sehingga pandemi ini bisa berubah menjadi endemi. Herd imunity tercapai atau terbentuk di masyarakat. Karena sekarang ini dengan masivnya vaksin, dampaknya sudah terlihat. Angka positif covid kita menurun drastis. Bahkan rilis tadi malam tidak ada. Kemudian rumah sakit darurat yang kita siapkan pasiennya berkurang jauh. Kurang lebih tinggal 4 sampai 6 orang kalau dak salah,” jelasnya.

Guna medukung percepatan vaksinasi, Kapolres berharap agar masyarakat tidak takut divaksin. Bagi masyarakat yang ingin divaksin tambahnya, bisa langsung datang ke fasilitas kesehatan terdekat atau ke gerai-gerai vaksinasi Polres Sumbawa.

Ditempat yang sama, Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan, Pemerintah Daerah akan terus memantau perkembangan vaksinasi di lapangan. Berbagai strategi digunakan dalam rangka percepatan pembentukan herd immunity. 

“Sepertinya strategi yang kita jalankan cukup bagus. Artinya sudah kelihatan. Sasarannya sekalian pelajar, masyarakat juga. Sekarang karena pelajar membutuhkan vaksin, makanya pelajar dengan masyarakat,” pungkasnya. (Hum)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.