Sat Tahti Polres Bima Kota, Bina Imtaq Para Tahanan

  • Share

Kota Bima, NTB (19/11) – Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polres Bima Kota, tidak saja berkewajiban menjaga dan mengamankan para tahanan di sel, lebih dari itu menyemangati para tahanan agar sadar dan tidak mengulangi lagi perbuatan tindak pidana pada masa akan datang, setelah selesai hukuman.

Sebut saja, bentuk giat yang dilaksanakan Sat Tahti, pembinaan spiritual dan keimanan para tahanan. Misalnya ibadah sholat berjamaah dan bina Imtaq dengan shalawat bersama serta mengikuti cemarah agama.

Seperti pada Jum’at (19/11) pagi tadi, sebagaimana dijelaskan Kasat Tahti Ipda Jufri Prasojo, puluhan tahanan mengikuti bina Imtaq dengan shalawat bersama.

Giat Imtaq itu kata Ipda Jufri, dilaksanakan di dalam ruang tahanan. Setelah sebelumnya atau pada Kamis malam, melaksanakan sholat magrib dan Isya secara berjamaah lalu dilanjutkan kultum.

Bina Imtaq ini sambung Ipda Jufri Prasojo, sebagaimana arahan Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra, agar dilaksanakan secara kontinyu. Tentu tujuannya, meski para tahanan dalam proses hukum atas perbuatannya, tetapi tidak lupa akan kewajibannya sebagai umat beragama.

Tentu terkandung maksud pula kata Kasat Tahti, kegiatan bina Imtaq secara rutin, mungkin menumbuhkan kesadaran bagi para tahanan, bahwa perbuatan tindak pidana yang telah dilakukannya, tidak akan terulang lagi.

“Bina Imtaq minimal menjadi alat penyadaran diri bagi para tahanan. Sehingga dimasa yang akan datang, tidak lagi berbuat salah dimata hukum. Bisa menjadi masyarakat yang baik dan tidak melakukan tindak pidana lagi,”harapnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *