Mantapkan Pengamanan IATC dan WSBK, Sat Lantas Polres Lobar Cek Kesiapan Personel dan Peralatan

  • Share

Lombok Barat, NTB – Satuan lalulintas Polres Lombok barat, Polda NTB, mantapkan pelaksanaan pengamanan, dan pengawalan dalam rangka Operasi Mandalika Rinjani Tahun 2021.

Kasat Lantas Polres Lombok Barat Iptu Agus Rachman, SH mengatakan Jajarannya menindaklanjutinya, dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Pos Giri Menang Square (GMS) Gerung, Sabtu (13/11/2021).

“Untuk mengecek kesiapan personil dan mengecek kondisi daripada kendaraan dalam mendukung pelaksanaan pengamanan, pengawalan dalam rangka Operasi Mandalika Rinjani Tahun 2021,” ungkapnya.

Dimana Operasi Mandalika Rinjani Tahun 2021, dalam pengamanan Internasional WSBK yang akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika.

“Kegiatan ini adalah, untuk mengantisipasi arus kedatangan para peserta, para kru dan para tamu atau masyarakat yang akan menyaksikan event internasional ini,” bebernya.

Sehingga Jajaran Polres Lombok Barat menempatkan tiga pos dalam Operasi ini, terdiri dari dua pos pantau atau pos pelayanan.

“Diantaranya didirikan di Pelabuhan Gilimas, Pelabuhan Lembar Pelindo III dan satu pos penanganan kecelakaan lalu lintas yang kami dirikan di pos GMS,” katanya.

pos GMS ini sendiri sebagai titik 0 Kabupaten Lombok Barat, untuk memberikan pelayanan kepada Masyarakat apabila terjadi insiden Kecelakaan Lalulintas.

“Terkait pelaksanaan rekayasa lalu lintas, akan dilakukan langkah antisipasi, untuk tamu peserta atau para kru Tim WSBK melintasi wilayah Lombok Barat,” ucapnya.

Kasat lantas mencontohkan, apabila melewati jalur selatan, maka akan dilkukan koordinasi dengan pihak polsek Pelabuhan lembar.

“Mengatur estimasi bongkar muat Kapal Ferry dan truk-truk besar, agar tidak menghalangi perjalanan arus lalu lintas para tamu dan para peserta yang melintasi Jalur Selatan atau Jalur Utama,” katanya.

Selain itu, ada beberapa kantong parkir yang disiapkan untuk kendaraan truk dan kendaraan besar, diantaranya simpang tiga sigenter dan di Depan Tugu Tani.

“Disitu, ada area yang telah kami siapkan untuk memarkir kendaraaan besar apabila bersamaan, antisipasi pergerakan truk dan pergerakan tamu bersamaan,” imbuhnya.

Hal ini dilakukan, untuk mengantisipasi crowded atau gangguan kamseltibcarlantas, sehinngga kendaraan akan ditampung terlebih dahulu sementara.

“Untuk memperlancar arus lalu lintas, dalam mensukseskan event internasional tersebut,” lugasnya.

Terkait perkuatan personel, Kasat Lantas menjelasakan bahwa, jajarannya melibatkan sebanyak 68 orang.

“Sebanyak 68 personel ini all out untuk melaksanakan pengamanan, pengawalan dan penjagaan antisipasi arus lalu lintas yang terjadi di wilayah Lombok barat ini,” tegasnya.

Demikian halnya dengan dengan tim patroli, telah menyiapakan tiga tim patroli yang sudah dibentuk oleh Kapolres Lombok Barat.

“Pertama tim patroli Show Of Force, yang kedua tim patroli urai macet, yang ketiga tim patroli protokol kesehatan,” terangnya.

Sehingga Jajarannya akan terus mengingatkan masyarakat, agar tertib berlalu lintas dan tertib protokol kesehatan yang harus diperhatikan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *