Kapolresta Mataram Pimpin Pengamanan Unras Di Kantor DPRD NTB

  • Share

Mataram NTB – Polresta Mataram melaksanakan pengamanan aksi unjuk rasa dari Aliansi Masyarakat NTB Menggugat yang terdiri dari SMI Cabang Kota Mataram, KPR dan BEM Unram (Universitas Mataram) Depan Kantor DPRD Provinsi NTB, Rabu (10/11/2021).

Pelaksanaan pengamanan Unjuk rasa tersebut dipimpin langsung oleh Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi, SIK,MM yang di dampingi Kabag Ops Polresta Mataram, Kasat Binmas dan beberapa Kapolsek jajaran ikut juga ikut mengawal jalannya aksi penyampaian pendapat dimuka umum tersebut.

Kepolisian sudah mempersiapkan pengawalan humanis. Yaitu dengan menempatkan Polisi Wanita (Polwan) digarda terdepan.

Selain mengedepankan pengawalan humanis, Kepolisian juga mengedepankan komunikasi dengan perwakilan massa aksi. Kepada seluruh Personel yang terlibat dalam pengamanan massa aksi , agar dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), dengan mengedepankan pengamanan yang humanis. “ Kita disini melayani masyarakat, lakukan pengamanan dengan cara yang humanis sesuai SOP, karena mereka  adalah masyarakat yang harus kita layani. ” ucap Kapolresta saat memberikan arahan.

Kapolresta meminta jajarannya untuk tidak bertindak gegabah. Dalam pengamanan tidak seorang pun Anggota Kepolisian membawa senjata Api maupun Tongkat Polri. Ini dibuktikan dengan pengecekan kepada Anggota yang bertugas melakukan pengamanan di depan Kantor DPRD Provinsi NTB.

Lebatnya hujan tidak menyurutkan semangat petugas Kepolisian melakukan pengamanan, Kapolresta beserta jajarannya tetap mengawal jalannya Unras walaupun sempat terjadi aksi saling dorong antara massa aksi dengan pihak Kepolisian, namun aksi tersebut dapat diredam oleh Aparat Kepolisian. ” Dinamika di Lapangan pasti ada, Intinya hindari bersifat eksesif dan kami dari pihak Kepolisian akan tetap humanis dalam hal pengamanan aksi. ” Tutur Heri.

Sebelum meninggalkan lokasi, penanggung jawab kegiatan saudara Yusril Asfani Ketua Bem Unram membacakan pernyataan Sikap atau tuntutan. Pukul 14.15 Wita Aksi unjuk rasa selesai dan massa kembali ke titik kumpul. Selama kegiatan berlangsung dilakukan pengaman terbuka dan tertutup dari Gabungan Personel Polresta Mataram dan Polsek jajaran Polresta Mataram

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *