AKBP Widy Mohon Diri, AKBP Esty Minta Diterima

Sumbawa Besar – NTB, Setelah setahun enam bulan menjabat sebagai Kapolres Sumbawa, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Widy Saputra SIK. MH, berpamitan. Mantan Kapolres yang rendah hati ini akan mengemban amanah baru di Mabes Polri.

Kata pamit ini disampaikan AKBP Widy yang didampingi istri, pada acara pisah sambut yang dihadiri penggantinya sebagai Kapolres Sumbawa, AKBP Esty Setyo Nugroho SIK, di Polres Sumbawa, Sabtu (28/8/21) sore tadi.

Read More

Selain itu hadir Bupati Sumbawa, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekda, Dandim 1607, Ketua PN, pimpinan instansi vertical, BUMN/BUMD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, insan pers dan LSM.

Widy mengaku sangat berkesan selama bertugas di Sumbawa. Bahkan terukir menjadi riwayat hidupnya yang paling dikenang. Pertama kali menjabat Kapolres Sumbawa, Widy mengaku telah disambut berbagai peristiwa mulai dari Pilkades, Pilkada hingga pandemic Covid sampai saat ini.

Semua ini mampu dilewati dengan sinergitas dan dukungan semua pihak. Sehingga Sumbawa yang senap semu nyaman nyawe tetap terjaga.

“Yang menjadi pedoman kami dalam bertindak adalah sifat “lenge rasa”, dan kuncinya adalah komunikasi. Dengan dua hal ini kita mampu menjadikan Samawa yang Sabalong Samalewa yakni membangun dalam keharmonisan,” ujarnya.

Ia berharap penggantinya nanti, dapat menindaklanjuti apa yang sudah terbangun, kondusifitas yang sudah tercipta, dan tentunya menjadi bagian dari masyarakat Sumbawa.

Sementara Kapolres Sumbawa yang baru, AKBP Esty Setyo Nugroho S.IK, berharap dapat diterima menjadi bagian dari keluarga Sumbawa. Ia pun siap melanjutkan apa yang sudah dilakukan kapolres terdahulu.

Dalam perkenalannya, Esty yang berasal dari Banyuwangi sama seperti istrinya mengaku telah bertugas di beberapa tempat, termasuk di Aceh. Saat musibah tsunami Aceh, Akpol lulusan Tahun 2000 ini baru saja mengakhiri masa tugasnya. Namun penggantinya menjadi salah satu korban musibah dahsyat tersebut.

“Sebagai warga baru di Sumbawa, mohon kami diterima,” pintanya.
Di tempat yang sama, Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, menyampaikan ucapan selamat kepada AKBP Widy Saputra atas amanah barunya di Mabes Polri. Selama tugas di Sumbawa, ungkap Bupati, AKBP Widy telah memberikan kesan yang mendalam bagi pemerintah dan masyarakat Sumbawa.
AKBP Widy dikenal sebagai sosok sederhana, rendah hati dan berbaur serta berdedikasi tinggi dalam melaksanakan tugasnya menjaga kondusifitas daerah. “Selamat menjalankan amanah baru, doa kami selalu menyertai,” ucapnya.

Di bagian lain Bupati juga mengucapkan selamat datang kepada AKBP Esty sebagai Kapolres Sumbawa yang baru. Menurut Bupati, masyarakat Sumbawa sangat heterogen, semua suku ada dan hidup berdampingan secara damai. Ini membuktikan orang Sumbawa sangat welcome terhadap para pendatang dari manapun.

Karena salah satu yang menjadi pegangan masyarakat Sumbawa adalah “mana tau barang kayu lamen to sanyaman ate ya nan si sanak parana” (meski berasal dari mana pun, ketika bisa menyenangkan hati itulah sanak saudara). “Semoga dengan keberadaan Kapolres yang baru semakin memantapkan kebersamaan dan sinergitas dalam upaya mencegah penyebaran covid, menciptakan Kamtibmas dan mendukung pembangunan daerah,” demikian Bupati.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.